Beranda | Buku Tamu | Hubungi Kami

Sabtu, 17 Oktober 2015

PEKAN NASIONAL KONTAK TANI NELAYAN ANDALAN (PENAS KTNA)

Pekan Nasional merupakan rutin yang dilaksanakan oleh kelompok KTNA setiap 3 - 4 tahun sekali. Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) merupakan organisasi profesi yang beranggotakan pemuka-pemuka dan tokoh tani ataupun ketua kelompok tani dalam suatu wilayah. Organisasi bersifat sosial ekonomi, sebagai lembaga masyarakat yang tumbuh dari bawah yang bersifat independent. KTNA merupakan suatu wadah tempat berkumpulnya petani nelayan terpilih yang mewakili kelompoknya. Kelompok KTNA juga
merupakan penyuluh swadaya yang berperan sebagai jembatan penghubung antara petani nelayan
dengan pihak pemerintah. Pekan Nasional (PENAS) telah dilaksanakan sejak tahun 197, Untuk Kabupaten Rokan Hilir telah mengikuti atau melaksanakan pelaksanaan PENAS sebanyak 5 (lima) kali dengan mengirim puluhan kontingen disetiap pelaksanaan PENAS baik dari Dinas terkait selaku pendamping kontingen, penyuluh dan kontingen utama para petani yang terpilih yang sudah diseleksi oleh KTNA, dengan daerah pelaksanaan kegiatan PENAS beberapa tahun terakhir adalah:

1. Tahun 2002, di Tasik Malaya Propinsi Jawa Barat
2. Tahun 2005, di Mando Propinsi Sulawesi Utara
3. Tahun 2008, di Palembang Propinsi Sumatera Selatan
4. Tahun 2011, di Tenggarong Propinsi Kalimantan Timur
5. Tahun 2014, di Malang Propinsi Jawa Timur
 
(Kontingen PENAS dari Kab. Rohil di Tenggarong Propinsi Kalimantan Timur)
Pekan Nasional (PENAS) Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) merupakan forum pertemuan petani - nelayan sebagai wadah kegiatan belajar mengajar, tukar meukar informasi, pengalaman serta pengembangan kemitraan dan jejaring kerjasama antara petani, nelayan dan petani hutan, peneliti penyuluh, pihak swasta dan pemerintah sehingga dapat membangkitkan semangat tanggungjawab serta kemandirian petani sebagai pelaku utama dalam pembangunan pertanian, perikanan dan kelautan.
 (Pameran Pembangunan PENAS di Tenggarong Propinsi Kalimantan Timur)
Pelaksanaan Penas juga merupakan ajang promosi hasil pertanian, produk pertanian, pembangunan, alat - alat pertanian dan ajang pertukaran informasi tentang pertanian disuatu daerah atau propinsi yang ada diseluruh indonesia, karena pelaksanaan kegiatan PENAS dihadiri pleh seluruh petani dan penyuluh yang ada di - Indonesia.
 (Pameran pertanian PENAS di Tenggarong Propinsi Kalimantan Timur)
Pelaksanaan PENAS juga menambah ilmu bagi para petani dengan adanya temu wicara dengan mendatangkan nara sumber dari departemen - departemen terkait seperti kementerian kehutanan, pertanian, perikanan, perkebunan, PU dll, para menteri juga menjadi nara sumber dalam pelaksanaan PENAS tersebut.

(Pameran pertanian PENAS di Malang Propinsi Jawa Timur)






Prev Post Next Post Home