Beranda | Buku Tamu | Hubungi Kami

Rabu, 08 Juli 2015

SUKSESKAN GERAKAN MENANAM 1 MILYAR POHON TAHUN 2014


Setiap tahunnya Dinas Kehutanan Kabupaten Rokan Hilir ikut menyukseskan kegiatan gerakan menanam 1 milyar pohon atau One Billion Indonesian Trees (OBIT). Selasa, 16 Desember 2014 Dinas kehutanan Kabupaten Rokan Hilir melaksnakan kegiatan gerakan menanam 1 milyar pohon bertemapat di Pedamaran. Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat tinggi Rohil yang dihadiri oleh Wakil Bupati Rokan Hilir, Asisten-asisten bidang dan pejabat lainnya serta dihadiri juga oleh Kapolres Rohil,dan Kejaksaaan Rohil. Simbolis penanaman pohon mahoni sekitar 1.000 batang  untuk memperingati hari menanan 1 milyar pohon tahun 2014.  



Wakil Bupati Rokan Hilir menyampaikan sambutan Menteri Kehutanan pada Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang ke-7 yang uraiannya sebagai berikut :

Pada hari ini tanggal 28 November 2014 kita menyelenggarakan peringatan HMPI yang ke-7 (tujuh) di seluruh Indonesia. Peringatan ini bertujuan untuk lebih membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat Indonesia untuk menanam dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan melalui rehabilitasi dan lahan di seluruh Indonesia.
Tema Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tahun 2014 adalah “Hutan Lestari Untuk Mendukung Kedaulatan Pangan, Air dan Energi Terbarukan”. Pemilihan tema ini dimaksudkan untuk mendorong masyarakat ikut membangun ekosistem hutan yang akan meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik sekaligus menyediakan bahan baku bagi industri kehutanan dan menyerap karbon dioksida di udara dalam rangka ikut berkontribusi dalam mitigasi perubahan iklim.

Pertama, bahwa keberadaan hutan di Indonesia dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, Undang-Undang Nomor 41 tentang Kehutanan, Undang-Undang Nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Kerusakan Hutan, serta Undang-Undang Nomor 37 tahun 2014 tentang Konservasi Tanah dan Air. Keberadaan hutan ini sangat penting sebagai penyangga kehidupan manusia dan bumi yang perlu dilindungi, dikonservasi, dimanfaatkan dan direboisasi untuk generasi sekarang dan yang akan datang.

Kedua, berkaitan dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah maka urusan Pemerintah adalah pada perencanaan hutan dan pengawasan. Sedangkan urusan yang diselenggarakan oleh Pemerintah dan dilaksanakan oleh pemerintah provinsi adalah pengelolaan hutan, konservasi sumberdaya alam hutan, pendidikan dan pelatihan, penyuluhan.

Dengan adanya kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia diharapkan dapat meningkatkan keasadaram kita akan pentingnya peranan pohon dalam kehidupan sehari-hari.


Prev Post Next Post Home