Beranda | Buku Tamu | Hubungi Kami

Sabtu, 07 Februari 2015

Disbun Rohil Upayakan Solusi Pupuk untuk Kelompok Tani Sawit







Dinas Perkebunan Rokan Hilir (Rohil) mencari solusi untuk mencukupi kebutuhan pupuk bagi perkebunan sawit milik kelompok tani. Biasanya, pupuk yang digunakan berbahan yang mudah didapat dan diolah.

"Kita sedang siapkan riset penggunaan pupuk cair berbahan kotoran hewan yang diasap. Pelatihanya melibatkan tenaga teknis PKS dari Medan dan Pekanbaru,"

Dikatakannya, rencana pembuatan pupuk cair setelah sukses pembuatan pupuk organik berbahan kotoran sapi. Selain itu, rencana pelatihanya mengundang kelompok tani dari Kecamatan Bangko Pusako, Bagansinembah, dan Simpangkanan.

"Biasanya yang mengikuti pelatihan hanya kelompok tani yang memiliki areal sawit yang sangat luas. Pelatihan ini supaya poktan lebih terampil dalam mengolah kotoran hewan menjadi pupuk cair," jelasnya.

Sebelumnya, Dinas Perkebunan telah suskes melatih tenaga terampil Poktan sebanyak 60 orang menjadi tenaga pengolah pupuk. Pemerintah daerah juga telah membangun pabrik pengolahan pupuk di Kecamatan Bagansinembah.

"Sudah siap dibangun pabrik pengolahan pupuk organik kotoran hewan di Kecamatan Bagansinembah anggaran 2014. Keinginan saya ingin membenahi dan memberikan ilmu pada Poktan khususnya di Rohil,"



Prev Post Next Post Home