Beranda | Buku Tamu | Hubungi Kami

Minggu, 28 Desember 2014

Pengawasan Daerah Konservasi dan Hutan Mangrove

Pengawasan Daerah Konservasi dan Hutan Mangrove



Daerah Konservasi di kepulauan Arwah/ Pulau Jemur adalah gugusan pulau terluar  yang berhampiran langsung dengan negeri jiran-Malaysia dan terdapat spesies hewan dilindungi (Penyu Hijau) yang bertelur tiap tahunnya  mencapai ± 30.000 butir. Luas Kawasan Hutan Mangrove Kabupaten Rokan Hilir  120895.898 Ha, terdapat di beberapa titik yaitu :

            •  Pesisir Kecamatan Pasir Limau Kapas
            •  Pesisir Kecamatan Sinaboi
            •  Pesisir Kecamatan Kubu Babussalam (Pulau Halang)
            •  Pulau Barkey Bagansiapiapi
            •  Pulau Tuan Syekh Bagansiapiapi

KEWAJIBAN
 Melakukan Pengawasan secara maksimal agar tidak ter jadi kepunahan spesies hewan dilindungi.
Mengawasi hutan mangrove, mengadakan pengecekan secara rutin pada kapal  >5 GT atau pun kapal lainnya yang patut di duga adanya muatan bahan berbahaya, seperti bom dan bahan kimia berbahaya lainya serta hasil penebangan mangrove  secara illegal.
Melakukan Koordinasi dengan Instansi terkait  dan masyarakat setempat untuk melakukan pengawasan secara bersama. 

KENDALA
Pengawasan Daerah Konservasi yang khususnya Gugusan Pulau Arwah/ Pulau Jemur tidak dapat dilakukan secara maksimal karena jarak tempuhnya  yang  jauh.
Kurangnya Kesadaran dari masyarakat akan pentingnya  menjaga kelestarian hutan mangrove sebagai sumber ekosistem perairan.
Penebangan yang dilakukan oleh masyarakat setempat  sebagai mata pencarian untuk menghidupi keluarga yang telah dilakukan secara turun temurun.
Penebangan secara illegal tsb di jual gunak sebagai kayu bakar, Bahan pembuat alat tangkap, bahkan sampai di jual dgn kapal pengangkut ke negeri jiran – Malaysia sebagai Kayu TEKI ( Cerocok Bangunan ) dgn harga Rp. 18.000/btg oleh oknum yg tidak bertanggung jawab, serta tdk pernah dilakukan utk penanaman kembali


Keterbatasan Personil Pengawas yang mem punyai kewenangan Khusus membidangi masalah Pengawas Pesisir Pantai dan Pulau-Pulau Kecil yang dalam hal ini Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Rokan Hilir hanya 1(satu) orang, dan butuh penambahan segera.


Prev Post Next Post Home