Beranda | Buku Tamu | Hubungi Kami

Sabtu, 23 Agustus 2014

KEGIATAN VAKSINASI RABIES DAN ELIMINASI ANJING LIAR




Kata Rabies berasal dari bahasa Sansekerta kuno rabhas (artinya melakukan kekerasan atau kejahatan). Dalam bahasa Yunani, rabies disebut Lyssa atau Lytaa (artinya kegilaan). Dalam bahasa Jerman, rabies disebut tollwut, yang berasal dari bahasa Indojerman Dhvar (artinya merusak) dan wut (artinya marah). Dalam bahasa Perancis, rabies disebut rage, berasal dari kata robere (artinya menjadi gila).


Rabies adalah penyakit infeksi akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan virus rabies. Virus rabies ditularkan ke manusia melalui gigitan hewan, misalnya anjing, kucing dan kera. Rabies disebut juga penyakit anjing gila.
Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Rokan Hilir Melakukan Kegiatan Vaksinasi Rabies pada bulan Juli 2014 kemarin, Kegiatan ini tiap tahunnya dilakukan untuk mencegah penyakit rabies. Kegiatan ini dipusatkan di 2 (dua) Kecamatan yakni Kecamatan Bangko dan Kecamatan Bagan Sinembah. Vaksinasi Rabies dilakukan pada Pos Kesehatan Hewan.  

Vaksinasi Rabies akan dilakukan lagi pada Bulan Desember 2014, maka diharapkan kepada seluruh warga masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti :  anjing, kucing dan kera untuk dapat di bawa ke Pos Kesehatan Hewan untuk dilakukan vaksinasi.

Kegiatan yang disebut eliminasi dilakukan dengan cara mencampurkan racun bubuk strichnin dengan bakso, daging ayam, ikan dan daging. Dan makanan itu akan diberi kepada hewan yang berkeliaran. Untuk melakukan eliminasi ini, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Rokan Hilir melibatkan Pihak Satuan Polisi Pamonga Praja (Satpol PP) sebagai pihak keamanan.



Sebelum melakukan eliminasi, kami akan umumkan terlebih dahulu kepada masyarakat, baik melalui masjid atau mobil keliling. Tujuannya, agar orang yang punya hewan peliharaan dapat menjaga hewannya.

Ciri-ciri hewan yang terkena virus rabies di antaranya tidak suka pada cahaya matahari, lidah terus menjulur dengan air liur yang terus menetes dan ekor berada di bawah sela-sela paha. Dan setelah menggigit, biasanya hewan tersebut akan mati dalam waktu satu minggu.


Prev Post Next Post Home