Beranda | Buku Tamu | Hubungi Kami

Sabtu, 16 November 2013

PEMANFAATAN LIMBAH CAIR PABRIK KELAPA SAWIT



Melalui Sistem Aplikasi  :

PKS, Merupakan salah satu unit kegiatan dari industry Kelapa Saswit yang selallu berhubungan dengan limbah, namun dengan pemanfaatan limbah PKS, sebutan limbah telah berubah menjadi pupuk Organik yang sangat baik bagi tanaman

KUALITAS LIMBAH CAIR  :

Limbah cair segar pabrik melalui system kolam diolah secara anaerob untuk selanjutya dialirkan ke areal tanaman kelapa sawit, untuk dimanfaaatkan sebagai pupuk, karena bahan organiknya.

LUAS AREAL DIAPLIKASI  :

Potensi lahan kelapa sawit untuk pemanfaatan limbah ini cukup potensional, terutama  dilahan– lahan marginal atau yang mempunyai tingkat run oof yang cukup tinggi.

VOLUME DIAPLIKASI  :

Limbah cair dari bahan anaerobic IV dipompakan melalui pipa primer, skunder, dan tersier menuju bak distribusi, Selanjutnya didistribusikan melalui parit –parit distribusi ke flat bed – Flat bed yang berada di areal tanaman.

DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN  :

Pembangunan sumur pantau pada areal aplikasi lahan, merupakan suattu syarat yang harus dipenuhi, untuk memantau kemungkinan terjadinya pecemaran pada air tanah dangkal     ( sumur ), akibat pemanfaatan limbah cair secara menerus pada areal tanaman. Pemantauan dampak pemanfaatan limbah cair pabrik terhadap sifat kimia tanah, diamati dengan frekuensi satu tahun sekali. Lokasi pengamatan dilaksanakan pada Fletbed, pada antara Roraka ( Antara parit dan tanaman serta pada areal control ).

Pengamatan produksi tanaman kelapa sawit juga dilaksanakan terhadap areal tanaman dengan membandingkan Produktivitas pada areal tanaman yang menerima limbnah cair disbanding control


Prev Post Next Post Home