Beranda | Buku Tamu | Hubungi Kami

Senin, 11 November 2013

Pantau Sembilan Bahan Pokok


Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Rokan Hilir Pantau Harga Sembako setiap minggunya.

        
      Dalam rangka mengantisipasi terjadinya spekulan yang bisa memicu lonjakan harga kebutuhan pokok, Diperindag Rohil melakukan pemantuan setiap Minggunya di pasar Datuk Rubiah dan Pasar lainnya yang ada di tingkat kecamatan Kabupaten Rokan Hilir. 
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Rokan Hilir memantau sembako setiap minggunya di pasar Datuk Rubiah dan tiap kecamatan, langkah ini guna melakukan pemantauan dan mencegah kelangkaan sembako di Kabupaten Rokan Hilir, maka Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Rokan Hilir memantau setiap minggunya dan mengirimkan laporan kepada bapak Bupati Rokan Hilir dan intansi terkait lainnya.
Walaupun sampai hari ini berdasarkan pemantuan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Rokan Hilir stok sembako di Kabupaten Rokan Hilir masih tetap aman sampai Tahun Baru mendatang. Karena sebelumnya Disperindag telah memantau pedagang dan mengecek gudang serta melakukan  koordinasi dengan kalangan pedagang sembako di Kabupaten Rokan Hilir bagi menjamin ketersedian sembako sampai Tahun Baru mendatang.
Tujuan selama ini dilakukan dalam upaya memantau ketersediaan dan mencegah terjadinya kelangkaan, maka kita rutin turun kepasar sesuai dengan jadwal yang telah di tetapkan sampai wilayah kecamatan. Namun walaupun stok dalam keadaan stabil tetap saja di pantau agar harga tidak meraja lela di pasaran.
               Diharapkan dengan adanya kegiatan pengawasan setiap minggu  ini, maka jika terjadi kelangkaan sembako di pasaran, segera dapat terpantau oleh Diperindag Kabupaten Rokan Hilirl. Sehingga dapat segera dilakukan langkah penanganan jika sampai terjadi kelangkaan sembako, terutama di kecamatan yang jauh dari ibukota kabupaten Rokan Hilir.
              Disperindag menjamin stok sembako sampai Tahun Baru mendatang tetap aman. Karena jauh hari sebelumnya kita telah adakan koordinasi dengan kalangan pengusaha sembako di Rohil, agar mereka menjaga ketersedian sembako sampai Tahun Baru dan Kebutuhan sembako untuk masyarakat Rohil terpenuhi, yang sangat perlu di perhatikan adalah para spekulan yang sengaja memainkan harga dengan cara menstok kebutuhan utama rumah tangga tersebut yang dapat mengakibatkan harga melonjak naik dan dapat menyebabkan masyarakat resah, apalagi masyarakat yang berpenghasilan tak menentu seperti buruh lepas dan tukang becak. Maka dengan adanya pemantauan diharapkan dengan demikian, harga pasar dapat relatif stabil.
           Para spekulan yang nakal harus menjadi perhatian utama Dinas Perindag Kabupaten Rokan Hilir  karena melambungnya harga di pasaran, justru dikarenakan adanya permainan oknum yang sengaja mengambil keuntungan pada saat masyarakat membutuhkan.
Menyikapi hal ini, pemerintah harus segera memikirkan baik jangka pendek mau pun jangka panjang. Diantaranya, dengan memanfaatkan lahan kosong di Rohil untuk dijadikan areal pertanian termasuk tanaman cabe. Sehingga, ketergantungan Rohil dengan beberapa daerah luar, dapat diatasi. Sedangkan jangka pendeknya, dapat melakukan operasi pasar dan lainnya tergantung situasi.
              Kami berharap kedepannya  pemerintah tidak hanya terpokus pada masalah perkebunan saja. Jika lahan kosong di Riau dapat dimanfaatkan untuk pertanian, gejolak-gejolak harga yang disebabkan sesuatu hal di daerah lain, dapat diatasi dengan persedian pertanian di Rohil sendiri.

                                                                                             Be : Padrie, ST
Lampiran Harga di Excel :


Prev Post Next Post Home