Beranda | Buku Tamu | Hubungi Kami

Kamis, 26 September 2013

Potensi Sumber Daya Pariwisata

Parawisata merupakan salah satu sumber daya potensial untuk dikembangkan menjadi unggulan bagi Kabupaten Rokan Hilir.  Beberapa kota dan tempat-tempat objek-objek wisata menarik di Kabupaten Rokan Hilir yang dapat di kembangkan sebagai sarana mendulang peningkatan nilai tambah ekonomi daerah.   Ada beberapa kota yang menjadi tujuan menarik wisata seperti halnya kota nelayan penipahan, pulau haling, sinaboi dan Bandar lama Bagansiapiapi. Ada pula kota-kota dengan latar belakang agrowisata seperti Bagan Batu, Pujud dan Sedinginan.
Kota Kubu dan Tanah Putih menyuguhkan unsur  budaya sebagai ciri khas wilayahnya. Hal menarik lain adanya situs-situs peninggalan sejarah serta tempat-tempat objek wisata  yang  dapat dikunjungi  dan dinikmati seperti halnnya :


8.1      Upacara Ritual Bakar Tongkang
Salah satu kota wisata di Kabupaten Rokan Hilir yang banyak di kunjungi adalah Bagansiapiapi, selain sebagai pusat pemerintahan Kabupaten,  juga merupakan kota tujuan wisata, untuk menambah keindahan  dan daya tarik Bandar lama Bagansiapiapi, juga dikembangkan kawasan baru pengembangan kota Bagansiapiapi di batu 6 sebagai pusat Pemerintahan dengan nuansa  Kubah” pada setiap bangunannya  dengan menghadap ke muara suangai Rokan.  Event wisata setiap tanggal 16 bulan 5 penaggalan imlek, di bagansiapiapi setiap tahunnya dilaksanakan upacara tradisional masyarakat keturunan Tiong Hoa yang disebut Go Ge Lak atau lazim dikenal kalangan masyarakat melayu dengan upacara “Bakar Tongkang” yakni upacara pemujaan terhadap dewa laut atau dewa kie Ong Ya yang menguasai lautan.
           Dimana setiap tanggal 16 bulan 5 penanggalan imlek adalah merupakan hari ulang tahun dewa Kie Ong Ya, sehinga upacara itu disebut dengan GO GE Cap Lak orang-orang yang datang kekota Bagansiapiapi pada acara berlangsung tidak hanya berasal dari desa-desa atau nelayan disekitar Bagansiapiapi, melainkan juga datang dari kota-kota besar di indonesia seperti medan, pekanbaru, Jakarta, Surabaya, dan yang lain sebagainya. Bahkan banyak pula yang datang dari mancanegara seperti Malaysia, singapura, hongkong, Taiwan dan Australia.
          Bila dilihat dari potensi yang ada, maka upacara bakar tongkang ini sangat cocok dikembangkan dan kemas menjadi suatu event wisata andalan bagi pemerintah Kabupaten Rokan Hilir.

 
8.2      Kawasan Kepulauan Aruwah
8.2.1    Pengembangan Kepulauan Aruwah
            Gugusan Kepulauan Aruah ini terdiri dari  12 (dua belas) pulau yaitu :  Pulau  Labuhan Bilik, Pulau  Jemur, Pulau Sarang Elang Pulau Batu Mandi, Pulau Tukong Mas,  Pulau  Pasir , Pulau Batu Adang,  Pulau Batu Berlayar,  Pulau  Batu Mandi, Pulau Tukong Pulau  Tukong Perak , Pulau  Pertandangan  Simbang.  Dalam pengembangan Kepulauan Aruah  dapat ditentukan kekuatan yang dapat dimanfaatkan sebagai berikut :
* Posisi Yang Strategis
Kepulauan Arwah ini, terletak lebih kurang 82  km dari Ibukota Rokan Hilir, Bagansiapiapi dan  100 km dari daratan Malaysia. Gugusan pulau-pulau ini merupakan gugusan pulau terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia sehingga memiliki posisi strategis sebagai penjaga kedaulatan wilayah Republik Indonesia .  Pulau pulau yang ada di sekitar pulau aruah itu, membentuk lingkaran sehingga bagian tengah merupakan laut yang tenang.
* Pemandangan Yang Indah
Kepulauan Arwah memiliki pemandangan dan panorama alam yang indah. Permukaan atau pemandangan pada pantai dengan batu dan pasir kemasan merupakan pemandangan yang eksetik membuat Kepulauan Aruah ini  memiliki potensi wisata pantai yang sangat indah.
* Daerah Penghasil Ikan Yang Banyak
  Setiap harinya, dikawasan  Kepulauan Aruah ini,  dari Kabupaten  Rokan Hilir saja,  lebih dari 3000 nelayan mencari ikan di Kawasan tersebut. Ini belum  lagi nelayan-nelayan lainnya dari Sumatra Utara. Maka aktivitas nelayan di kawasan ini, diperkirakan lebih dari 5000 nelayan.
* Memiliki Habitat Penyu  Hijau Ynag Langka
Di Kepulauan Aruah juga terdapat penyu hijau yang konon jenis satwa itu hanya satu-satunya di Indonesia. Pada musim-musim tertentu,penyu-penyu hijau itu naik kepantai dan bertelur. Paling tidak sekali bertelur penyu itu menyimpan telurnya dibawah lapisan tanah antara 100 sampai 150 butir ekor penyu.
* Memiliki Ekosistem Terumbu Karang
Pada kepulauan Aruah teridentifikasi potensi terumbu karang. Potensi terdapat dibeberapa pulau pada gugusan kepulauan aruah.

 
8.2.2    Pulau labuhan Bilik dan Pulau Sarang Elang  
     Ekseting Pulau Labuhan Bilik dan Pulau Sarang Elang            
¨ Memiliki dua teluk yang besar di depan (arah utara) dan dibelakangnya (arah Selatan). Hamparan pasir sekitar 20 m dan lebnar 75 m (air laut tinggi ratarata)masing-masing terdapat pada pantai dikedua teluk ini.
¨ Terdapat dua bukit disebelah timur dan barat memanjang dari utara ke selatan. Bukit batu ini (tinggi sekitar 15 m ini tidak begitu terjal dan bisa didaki dengan mudah. Bukit disebelah barat panjangnya sekitar 200 m dan dan bukit sebelah timur sekitar 150 m. sumber air bersih berasal dari sumur gali sedalam 4 m, dan dimeter 80 cm.
¨ Disisi barat dari bukit pulau ini terdapat hamparan pasir yang berhadapan dengan pulau Sarong Elang. Perairan yang terdapat diantara pulau Labuhan Bilik dan Sarong eleng menjadi tempat berlabuh jangkar kapal-kapal nelayan dan nelayan penampung untuk melakukan transaksi penjualan ikan hasil tangkapan.
¨ Dipulau ini terdapat fasilitas : Kantor   untuk pos pelabuhan Perikanan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir,  Mushalla, Rumah Permanen tipe 36 ( 3 buah) dan Tipe 45 ( 4 buah) yang semuanya masih kosong.
 
Gambar …………………………..

 
8.1.3  Pulau Jemur
Ekseting  Pulau Jemur
¨ Pulau Jemut berada disebelah timur laut dan berjarak sekitar 700 m dari Pulau Labuhan Bilik. Struktur pulau ini terdiri dari hamparan pasir di sisui selatan dan utara.
¨ Dengan memperhitungkan kondisi permukaan laut rata-rata, maka luas pulau ini adalah 17,8 ha. Dipulau ini terdapat fasilitas antara lain :
Þ Pos angkatan laut pulau jemur yang merupakan bagian dari Pangkalan TNI Angkatan laut Dumai.
Þ Instalasi manara Suar Pulau jemur yang merupakan bagian dari Dstrik Navigasi kelas I Dumai, Direktorat Jendral Perhubungan Laut, kementrian perhubungan.
Þ Bangunan lain seperti tempat pengelolaan dan pengembang biakan penyu hijau yang berada dibagian utara pulau dekat hamparan pasir.
¨ Pulau Jemur memiliki pemandangan dan panorama alam yang indah. Selain itu  pulau jemur ini amat kaya denag hasil lautnya, disamping itu Pulau Jemur dihuni oleh Spesies Penyu, dimana pada musim tertentu penyu-penyu itu  naik kepanntai untuk bertelur satwa langka ini dapat bertelur sebanyak 100 sampai 150 butir setiap ekor.
¨ Selain itu Pulau Jemur juga terdapat beberapa poten wisata lain diantaranya adalah Gua Jepang, Menara Suar, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, sisa-sisa Pertahanan jepang, batu panglima layar, taman laut, dan pantai berpasir kuning emas.
¨ Bila dilihat dari potensi, letak dan posisi Pulau Jemur sangat cocok dikembangkan menjadi kawasan Resort, dimana berbagai kegiatan-kegiatan wisata sangat banyak untuk dapat dikembangkan di Pulau Jemur ini, diantaranya, berselancar, menyelam, dayung dan sebagainya.

8.1.4  Pulau  Batu Mandi 
  Ekseting  Pulau Batu Mandi
¨ Pulau Batu Mandi merupakan salah satu pulau terluar (outer island) dengan titik batas ( base point) antara Indonesia dan Malaysia .
¨ Strategi sebagai penjaga kelestarian pulau terluar, sekaligus juga penjaga wilayah yurisdiksi  kedaulatan Negara.

 
8.1.5  Kawasan Wisata Pulau Pedamaran
             Jembatan  Pedamaran  I dan II, yang telah selesai dibangun, bukan hanya merjadi sarana transportasi yang memutus keterisolirliran daerah yang berada dipesesir Sungai Rokan, akan tetapi  Jemabatan ini juga berfungsi menjadi  gaya tarik dan objek wisata bagi masyarakat kabupaten   Rokan Hilir. 
 Ekseting  Pulau Pedamaran
· Pulau Pedamaran merupakan  salah satu kawasan yang akan dijadikan objek wisata alam di Kabupaten Rokan Hilir. Lokasi kawasan teretak di kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir, tepatnya dimuara Sungai Rokan yang di lintasi oleh jembatan pedamaran I dan II. Keberadaan Pulau Pedamaran sejajar dengan jalan kolektor antara Ujung Tanjung – Bagansiapiapi. Pulau dengan luas lebih kurang 3000 Ha disebut juga Pulau Sutan, merupakan pulau asli (bukan bentukan) dan mempunyai sejarah tersendiri di Kabupaten Rokan Hilir.
· Selain posisinya yang strategis tersebut, Pulau Pedamaran juga memiliki sumberdaya alam yang sangat beragam.Kondisi tanahnya yang subur, mempunyai habitat buaya.
· Pengembangan Objek-objek wisata seperti halnya :  Agro Turesm, Education Turism dan Pengembangan objek wisata bermain, wisata Alam serta pengembangan sarana prasarana pusat perbelanjaan ( mall dan pasar serta industry kreatif).
 Oleh karena itu wisata yang perlu dikembangkan haruslah dapat      memanfaatkan seluruh potensi pulau ini secara optimal

 
8.1.6   Objek Wisata Pulau Napangga

               Danau Napangga yang mempunyai luas sekitar 500 Ha ini, memiliki pesona alam yang sangat indah, air danaunya yang tenang, membuat kita geram untuk menceburkan diri.
                             Lokasi Danau Napangga ini terletak 70 km dari Ujung Tanjung di Kecamatan Tanah Putih. Tepatnya di hulu sungai Batang Kumuh desa tanjung medan berbatasan dengan Kabupaten Rokan Hulu dan Provinsi Sumatera Utara.
Danau Napangga memiliki keunikan tersendiri karena menurut legenda Danau ini merupakan tempat persingahan Raja pada zaman dahulu Danau ini terdapat sumber ikan arwana.
Jalan menuju lokasi Danau Napangga hamper semua sudah diaspal, sehingga sangat memudah kan kita untuk datang ke Danau Napangga. Bila dilihat dari potensi yang ada, Danau Napangga ini sangat cocok dikembangkan menjadi kawasan wisata air, dengan dibangunnya kotek-kotek dibibir danau, bermacam-macam wisata air akan dapat dikembangkan di Danau Napangga ini, seperti mendayung, parasailing, sky air, memancing dan menyelam.


  


Prev Post Next Post Home