Beranda | Buku Tamu | Hubungi Kami

Kamis, 26 September 2013

Sarana dan Parasarana Transportasi


   Transportasi Darat
Jalan dan Jembatan di Kabupaten Rokan Hilir merupakan sarana penunjang transportasi memiliki peran penting khususnya untuk transportasi darat. Untuk mendukung transportasi     darat, pemerintah daerah telah membangun jalan sepanjang 2.311,05 km jalan kabupaten/kota dan 149,65 km jalan provinsi. Dari total panjang jalan yang ada, 30,28 persen sudah diaspal, sementara sisanya (69,72 persen) belum diaspal. 
      
  Pengembangan infrastruktur darat dalam rangka membuka daerah terisolir dan sulit   dijangkau, terutama daerah-daerah pesisir sungai Rokan.  Pada Tahun 2010 – 2013 terbangunnya jalan lintas pesisir :   
                                   
                                                     
    Penipahan - Kubu  : 60 Km                                      
    Kubu—Pedamaran : 23 Km
    Pedamaran—bagansiapiapai 17 Km
    Bagansiapiapi - Sinaboi - Batas  Dumai : 55 Km.

  Terbangunnya Infrastruktur jembatan pada     tahun  2012  telah terbangun  4 (empat jembatan      penghubung daerah terisolir, diantaranya :

Jembatan Pedamaran I :
Jembatan Pedamaran II :
Jembatan Sungai Kubu :
Jembatan Sekapas Sekeladi :
 
       Transpotrasi Laut
             Dalam rangka memenuhi pelayanan yang optimal terutama di bidang trasportasi laut di tahun anggaran 2013, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir telah menganggarkan pembangunan pelabuhan barang dan jasa di   Kawasan Batu Enam. Dilakukannya pembangunan pelabuhan di Batu Enam, sebagai langkah untuk pengembangan pelabuhan tersebut di masa mendatang. Selain itu juga memaksimalkan eksestensi pelabuhan yang telah ada selama ini.  Kabupaten Rokan Hilir  di dukung oleh 5 (lima) pelabuhan utama, yakni; Sinaboi, Penipahan, Bagansiapiapi, Pulau Halang dan Tanjung Lumba-lumba.
Kedepan pelabuhan-pelabuhan ini akan dikembangkan menjadi pelabuhan untuk sarana trasportasi komoditi unggulan Kabupaten Rokan Hilir , seperti halnya :
Þ  Pebuhan Sinaboi  akan dikembangkan sarana transportasi komoditi pertanian pangan dan holtikultura dan perkebunan.
Þ Pelabuhan Penipahan beriorientasi  ke Portland dan pelabuhan batu untuk komuditi kayu, ikan segar, dan hasil pertanian tanaman pangan.
Þ Pelabuhan Bagansiapiapi merupakan pelabuhan samudra meliputi trayek Bagansiapiapi- Pulau haling, Kubu dan Bagansiapiapi.  
  
    Trasportasi Udara
Kabupaten Rokan Hilir pada tahun 2013 telah memulai pembangunan Bandar Udara

                         


 

                             





Prev Post Next Post Home