Beranda | Buku Tamu | Hubungi Kami

Rabu, 25 September 2013

Kondisi Umum Wilayah

Kabupaten Rokan Hilir memiliki luas 8.881,59 km² atau 888,159 hektar, terdiri dari 15  Kecamatan, 151  Kepenghuluan/ Kelurahan. Posisi Kabupaten Rokan Hilir  memiliki nilai yang sangat penting dari segi geografis, Selat Melaka merupakan jalur pelayaran dan perdagangan international yang sangat ramai. Disamping itu, potensi kerjasama regional antar Provinsi dan Kabupaten kota maupun   kerjasama lainnya terbuka luas untuk dikembangkan dan dikelola oleh pemerintah dan masyarakat Kabupaten Rokan Hilir.


· Sebelah Utara Kabupaten Rokan Hilir dengan Selat Melaka memberikan keuntungan bagi Kabupaten ini dari segi ekspor, impor perdangan lintas batas.
· Sebelah Barat Kabupaten Rokan Hilir juga menjadi gerbang lintas batas dari ke Sumatra Utara dengan memanfaatkan jalan lintas Sumatra, serta beberapa jaringan jalan lokal yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Labuhan Batu Provinsi Sumatra Utara.
· Sebelah Selatan dengan Kabupaten Bengkalis dan Rokan Hulu dan  sebelah Timur dengan Kota Dumai.  

Secara fisiografis  sebagian besar wilayah merupakan daerah daratan rendah, yaitu daerah endapan sungai, gambut, daerah sebagian kecil wilayah lainnya merupakan daratan tinggi     berbentuk bukit-bukit. Pada umumnya struktur tanah Kabupaten Rokan Hilir terdiri atas tanah Orgonosol ((Histosol), yaitu tanah   gambut yang banyak mengandung bahan       organik.         
Secara Topografi daerah Kabupaten Rokan Hilir terdiri dari daratan dan perairan yang beriklim tropis basah, hujan turun antara bulan oktober sampai maret setiap tahunnya


Secara  hidrologi Kabupaten Rokan Hilir memiliki 15 aliran sungai, daerah aliran sungai terpanjang adalah Sungai Rokan lebih kurang 250 Km yang bermuara di Bagansiapiapi dan hulunya di Kabupaten Rokan Hulu yang dapat dikembangkan sebagai sumber okonomi bagi masyarakat dan juga sebagai alat trasportasi, disamping itu Rokan Hilir juga memiliki banyak pulau seperti halnya pulau kepulauan Aruah, Pulau bakeri dan Pulau Pedamaran  yang memiliki eksotek keindahan yang dapat dikelola menjadi kawasan wisata dan pengembangan aneka ragaman hayati yang dapat diusahakan dan dikelola menjadi lumbung devisa.


         Dengan kondisi seperti tersebut diatas, menjadikan Rokan Hilir, kaya akan sumber daya alam hingga tidak berlebihan pula bila Rokan Hilir merupakan tempat yang menarik bagi para pialang Investasi  untuk menanamkan modalnya didaerah ini.
         Kabupaten Rokan Hilir juga memiliki  keindahan alam yang dapat diperbaharukan menjadi kawasan wisata maupun objek wisata, hal ini didukung pula  akan Budaya yang unik dari berbagai kelompok etnis yang tinggal didaerah ini. Rokan Hilir sejak tahun 1979 memang sudah dikenal  bahkan salah satu daerah tujuan wisata  tahunan  oleh pemerintah RI.
          Penduduk Rokan Hilir yang ramah tamah denganm budaya melayu yang adaptif akan memberikan kenyamanan anda untuk berkunjung selagi tidak bertentangan dengan agama yang dikenal dengan melayu identik dengan Islam.







Prev Post Next Post Home