Beranda | Buku Tamu | Hubungi Kami

Kamis, 21 Maret 2013

Arah Pembangunan Pemberdayaan Koperasi dan UKM



Koperasi dan Usaha Kecil Menengah merupakan salah satu unsur penting penggerak ekonomi kerakyatan yang secara tidak langsung membantu pemerintah dalam pembukaan lapangan kerja baru, pengetasan kemiskinan dan mengurangi pengganguran baik secara umum dan diwilayah Provinsi Riau maupun secara khusus diwilayah pemerintah Kabupaten Rokan Hilir. Keragaman budaya dan karateristik diwilayah disetiap daerah mempengaruhi ketahanan ekonomi dari daerah tersebut dan ini sangat bergantung pada pelaku ekonomi sebagai pengerak ekonomi kerakyatan tersebut. Kabupaten
Rokan Hilir sebagai salah satu daerah dengan potensi ekonomi kerakyatan yang beragam diantaranya seperti : Pertanian, Perkebunan, Perikanan, Perdagangan serta industri  yang mana potensi tersebut dapat dikembangkan secara langsung melalui gerakan koperasi dan UKM baik secara makro maupun mikro terlebih lagi letak geografis wilayah Kabupaten Rokan Hilir yang sangat mendukung berbatsan langsung dengan Provinsi Sumatra Utara serta Negara tetangga sebagai tujuan pengembangan pemasaran produk-produk dari hasil ekonomi kerakyatan tersebut.
Sesuai dengan harapan tersebut diatas Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Rokan Hilir dalam tahun anggaran 2013 ini serta tahun anggaran berikutnya tetap berupaya dan berusaha penuh mengembangkan Koperasi dan UKM sebagai penggerak ekonomi kerakyatan melalui beberapa program diantaranya:
1.    1.   Mengembangkan Koperasi dan UKM dengan pemberdayaan dan peningkatan kelembagaan, Sumber       Daya Manusia (SDM) pengelolah Koperasi dan UKM melalui program pelatihan dan pendidikan serta pengembangan pangsa pasar produk-produk dari koperasi dan UKM tersebut melalui berbagai promosi dn pameran produk UMKM.
2.  Meningkatkan permodalan Koperasi dan UKM melalui bantuan  penguatan Permodalan dengan mitra BUMN serta pemberian fasilitas pembiayaan dengan prosedur sederhana dengan tingkat bunga yang rendah


Prev Post Next Post Home