Beranda | Buku Tamu | Hubungi Kami

Selasa, 08 Januari 2013

OBJEK WISATA DAN PELUANG INVESTASI DI BIDANG PENANAMAN MODAL KABUPATEN ROKAN HILIR


Upacara Bakar Tongkang


-       Merupakan upacara pemujaan terhadap dewa laut atau Kie Ong Ya yang menguasai   lautan.

-    Pada setiap tanggal 16 Bulan 5 penanggalan Imlek adalah merupakan hari ulang tahun dewa Ki Ong Ya, di Bagansiapiapi setiap tahunnya dilaksanakan upacara tradisional masyarakat Tionghoa yang disebut Go Ge Caplak atau yang lebih dikenal dikalangan masyarakat melayu dengan upacara Bakar Tongkang.

Orang yang datang Bagansiapiapi pada acara bakar tongkang tidak hanya dari desa-desa sekitar kota Bagansiapiapi maupun kota-kota di Indonesia seperti Medan, Pekanbaru, Jakarta, Surabaya, dan lain sebagainya. Belakangan ini banyak pula yang dating dari manca Negara, seperti Malaysia, Singapura, Hongkong, Taiwan dan Australia.
  
            Kawasan Wisata Pulau Jemur 



Pulau Jemur ( luas ± 250 Ha) adalah sebuah pulau milik Indonesia yang terletak di Selat Malaka, dekat dengan perbatasan Malaysia. Pulau ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau. Pulau Jemur terkenal dengan panorama alam seperti pantai berpasir putih dan sebagai habitat penyu hijau

Jemur Island (area 250 ha) is an island belonging to Indonesia which is located in the Strait of Malacca, near the border with Malaysia. The island is included in the subdistrict of Pasir Limau Kapas, Rokan Hilir, Riau Province. Jemur island famous for its natural scenery such as white sand beaches and as a habitat for green turtles

-        Pulau Jemur termasuk dalam gugusan kepulauan Arwah, gugusan pulau ini terdiri dari 12 pulau yaitu Pula Labuhan Bilik ( 8,44 Ha), Pulau Jemur ( 17,84 Ha ), Pulau Sarang Elang ( 1,51 Ha ), Pulau    Batu Mandi ( 1,21 Ha ), Pulau Tukong Perak ( 1,89 Ha ), Pulau Tukong Mas ( 1,51 Ha ), Pulau Tukong Simbang ( 12,65 Ha ), Pulau Kalironggo ( 3,08 Ha ), Pulau Batu Adang ( 1,66 Ha ), Pulau Batu Belayar ( 1,68 Ha ), Pulau Pasir ( 1,32 Ha ), dan Pulau Pertandangan.

-   Terletak ± 45 Mil dari Ibu kota Kabupaten Rokan Hilir Bagansiapiapi. Struktur pulau ini terdiri dari hamparan pasir disisi Selatan dan Utara.

-      Pulau Jemur memiliki pemandangan dan panorama yang indah, selain itu pulau jemur ini amat kaya hasil lautnya, disamping itu pulau jemur dihuni oleh spesies penyu dimana pada musim tertentu penyu-penyu itu naik kepantai untuk bertelur sebanyak 100 sampai 150 butir setiap ekornya.

-       Selain itu pulau jemur juga terdapat beberapa potensi wisata lain diantaranya adalah Goa Jepang, Menara Suar, Perigi tulang, sisa-sisa pertahanan jepang, batu panglima layar, dan pantai berpasir kuning emas. 


Pulau Tilan

Pulau Tilan terletak ± 20 KM dari ujung tanjung Kecamatan Tanah Putih, atau bila melakukan perjalanan melalui Dumai dengan menempuh jarak sekitar 40 KM, kita akan sampai di Desa Rantau Bais. Pulau Tilan terletak di seberang Desa Rantau Bais yang dibelah oleh Sungai Rokan. Bila ingin ke Pulau Tilan kita harus menggunakan sampan yang memakan waktu sekitar 10 menit. Bibir pantai yang putih dan panorama alam yang indah merupakan anugerah bagi tempat ini. Pulau Tilan mempunyai pantai yang sangat indah di sepanjang aliran sungai Rokan.
-     Panorama  alamnya yang indah, merupakan potensi pariwisata yang sangat besar antara desa Rantau Bais  dengan Pulau Tilan. 
-        Pulau tilan mempunyai pantai yang sangat indah disepanjang aliran sungai rokan dan sangat cocok untuk wisata air, agro wisata dan wisata alam.
Danau Napangga

    
-    Danau Napangga terletak 70 KM dari Ujung Tanjung Kec. Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. danau napangga mempunyai luas sekitar 500 Ha.

-        Danau Napangga memiliki panorama yang indah dan air danaunya yang terang.

-    Danau Napangga memiliki keunikan tersendiri, karena menurut legenda danau ini merupakan tempat  persinggahan Raja pada zaman dahulu dan danau ini terdapat pula sumber ikan.

-       Danau Napangga ini sangat cook untuk wisata air dengan dibangunnya Cottege dibibir danau.


Prev Post Next Post Home