Beranda | Buku Tamu | Hubungi Kami

Rabu, 11 Januari 2012

Pembuatan Ikan Salai Rohil

Ikan salai merupakan produk unggulan yang terdapat di Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. Produksi ini adalah salah satu sumber mata pencaharian masyarakat sekitar tepian sungai rokan, hal ini dapat dilihat dari mayoritas penduduknya memproduksi ikan salai.

Proses pembuatan ikan salai ini dilakukan secara tradisional dengan menggunakan teknik pengasapan menggunakan tungku pengasapan yang dapat dilakukan pada berbagai jenis ikan sungai yang biasa dikonsumsi.
Cara pembuatan :

  1. Siapkan tungku pengasapan dengan kuantitas api yang kecil sehingga menimbulkan asap yang diperlukan dalam proses pengasapan.
  2. Setelah selesai menyiapkan tungku pengasapan tadi kemudian ikan dibersihkan dengan membuang isi perut ikan.
  3. Kemudian susun ikan diatas kawat kasa pengasapan dengan rapi agar kualitas pengasapan merata pada setiap ikan.
  4. Tutup ikan yang disusun diatas kawat kasa tadi dengan menggunakan seng.
  5. Ikan diasapkan selama 12 jam dan ini tergantung jenis ikan yang diasapkan seperti ikan gabus, baung yang memiliki tingkat ketebalan daging yang lebih tebal dari ikan seperti selais, bada, bisa menghabiskan waktu sekitar 24 jam.
  6. Setelah selang waktu proses pengasapan ikan-ikan tersebut siap untuk didinginkan beberapa saat untuk proses pendinginan untuk dinikmati atau dikemas dalam satu produk yang bisa  dipasarkan.

 Adapun kendala yang dihadapi dalam kemasan ikan salai adalah timbulnya jamur putih pada ikan salai yang biasa terjadi setelah 3 bulan dari proses pengemasan, ini dapat diatasi dengan mengoleskan minyak goreng pada ikan salai tersebut agar jamur putih hilang dan proses ini tidak mengganggu kualitas ikan salai menjadi seperti semula dan ini dapat dilakukan secara terus menerus bila terdapat jamur putih.

 Disperindag : by Padrie



   DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN
KABUPATEN ROKAN HILIR

Jln. Gedung Nasional No. 41 Bagansiapiapi
Telp/Fax : (0767) 21727


Prev Post Next Post Home